Membuat faktur pajak secara manual satu persatu pada aplikasi e-Faktur bisa jadi kurang efisien. Cara impor adalah cara terbaik untuk pembuatan Faktur Pajak dalam jumlah yang sangat banyak. Bagi Anda yang telah terbiasa menggunakan Microsoft Excel bisa menggunakan Power Query for Excel maupun Power BI for Desktop sebagai alat bantu dalam pembuatan format atau skema impor faktur pajak keluaran.


Power Query merupakan Add-in yang dapat digunakan pada Excel 2010 Pro Plus dan 2013. Untuk Excel 2016 Power Query hadir sebagai satu kesatuan dengan Excel dengan nama “Get & Transform”. Sehingga bagi pengguna Excel 2016 atau Office 365 tidak perlu men-download lagi add-in Power Query for Excel.

Add-in Power Query dapat diunduh di sini

Bagi Anda pengguna Windows dengan Excel 2007 atau versi sebelumnya atau bahkan sama sekali tidak ada Excel yang terinstal pada komputer Anda, namun ingin memanfaatkan Power Query bisa menggunakan Power BI for Desktop. Kabar baiknya Power Query yang ada pada Power BI for Desktop fiturnya lebih canggih lho karena lebih up-to-date beberapa bulan lebih cepat.

Power BI for Desktop dapat diunduh di sini


Pada bulan Agustus 2015 Excelku telah menyajikan cara pembuatan Skema Impor Faktur Pajak Keluaran dengan Power Query langsung di file Excel. Banyak permintaan dari para pengguna Excel 2007 atau versi sebelumnya yang tidak dapat menginstal Power Query namun ingin bisa membuat skema impor pajak keluaran dengan mudah.

Solusinya adalah dengan menggunakan bantuan Power BI for Desktop. Oleh karena itu kali ini Excelku akan berbagi cara dengan bantuan Power BI for Desktop.

Untuk mendownload dan mengetahui langkah-langkah yang harus diikuti klik tombol di bawah ini: