Untuk mendapatkan data dari suatu file berformat CSV maupun TXT biasanya kita menggunakan fitur Get External Data > From Text. Dalam fitur ini terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan sehingga didapat format yang diinginkan. Sering kali hal ini dilakukan berulang-ulang untuk suatu file dengan data yang sama atau nama file yang sama namun dengan data terbaru.

Alangkah lebih efisien bila kegiatan berulang ini dapat dipersingkat dengan hanya menekan tombol refresh dan semua data yang ada file Excel menjadi ter-update.

Microsoft Excel mempunyai fitur tersebut. Setelah aktif sel berada pada area data yang diimpor, tombol Refresh dapat diakses dengan dengan 2 cara:

1. Klik Kanan pada area data yang diimpor kemudian pilih Refresh.

Refresh Koneksi Text File 1

2. Lihat pada Ribbon Excel, Data > Connections, pilih Refresh.

Refresh Koneksi Text File 2

Tips: Agar sewaktu refresh tidak muncul jendela Import Text File terus menerus maka terlebih dahulu lakukan penyetingan pada tombol Properties (Data > Connections)

Pastikan pada bagian “Prompt for file name on refresh” tidak tercentang.

Refresh Koneksi Text File 3

Kita dapat melihat pada jendela Properties tersebut terdapat banyak pilihan. Sesuaikan dengan yang kita inginkan.

Dari berbagai pilihan tersebut kita juga dapat mengetahui bahwa ketika data impor lebih dari satu file maka data impor dapat ditumpuk pada sel dibawahnya dan ketika terdapat penambahan data maka formasi sel akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Tengok pula tombol Connections (Data > Connections). Berisi daftar semua koneksi data untuk workbook tersebut disertai dengan petunjuk lokasi dimana koneksi tersebut digunakan dalam workbook.

Demikianlah penjelasan singkat dari Excelku perihal cara refresh dan update koneksi file CSV dan TXT pada Excel secara otomatis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.