Fungsi LOOKUP merupakan fungsi Excel untuk pencarian dan referensi. Dalam penggunaannya, LOOKUP mensyaratkan bahwa data pada baris atau kolom pencarian haruslah tersusun dalam urutan naik atau ascending order (…, -2, -1, 0, 1, 2, …, A-Z, FALSE, TRUE). Pada data yang tersusun secara ascending order, hasil LOOKUP dapat dengan mudah ditebak. Namun pada data yang tidak tersusun secara ascending hasil LOOKUP bagaikan misteri. Lalu bagaimanakah sebenarnya prinsip kerja dari suatu rumus LOOKUP pada Excel? akan kita bahas pada tulisan berikut ini.

Lookup dan Binary Search

Fungsi LOOKUP menggunakan algoritma Binary Search dalam prosesnya. Pada data yang telah tersusun secara ascending order (prasyarat sebenarnya dalam menggunakan fungsi LOOKUP), metode ini dipilih karena lebih efisien dibandingkan metode pencarian  Linear Search.

Bila pada algoritma Linear Search pencarian dilakukan dengan menguji satu persatu data dan baru berhenti ketika suatu nilai yang dicari telah didapat, maka pada Binary search pencarian dimulai dengan menguji suatu elemen yang letaknya berada paling tengah  (susunan data tersusun dalam urutan menaik/ascending order).

Bila nilai tengah tersebut sesuai dengan yang dicari maka hasil telah didapat. Namun bila nilai yang dicari lebih kecil daripada nilai tengah tersebut maka bagian urutan yang lebih awal dilakukan pengujian dan sebaliknya bila nilai yang dicari lebih besar daripada nilai tengah tersebut maka bagian urutan akhirlah yang dilakukan pengujian.

Bila fungsi LOOKUP tidak dapat menemukan suatu nilai yang sedang dicari maka fungsi LOOKUP akan menghasilkan suatu nilai yang paling besar namun lebih kecil atau sama dengan suatu nilai yang sedang dicari.

Dan bila suatu nilai yang sedang dicari oleh fungsi LOOKUP nilainya lebih kecil daripada semua elemen yang menjadi bagian dalam pengujian maka fungsi LOOKUP menghasilkan #N/A.

Untuk lebih jelasnya tentang cara kerja fungsi LOOKUP, perhatikan simulasi berikut ini:

Diharapkan dari simulasi tersebut Anda menjadi semakin mengerti tentang cara menggunakan rumus LOOKUP pada Excel.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara kerja rumus LOOKUP pada Excel. Semoga dengan penjelasan serta contoh di atas dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda di dunia rumus per-Excel-an.

Baca Juga: