Ctrl+Shift+Enter pada suatu rumus array atau array formula selain menyimpan kekuatan juga menyimpan kelemahan. Tidak semua pengguna mengerti bahwa terdapat suatu jenis rumus Excel yang dalam penulisannya diharuskan menekan tombol Ctrl+Shift+Enter. Kali ini Excelku akan bahas tentang trik bagaimana cara membuat rumus array Excel tanpa CSE (Ctrl+Shift+Enter).

Perlu diketahui di awal bahwa trik kali ini hanya berlaku pada single-cell array formula. Yaitu array formula yang dibuat pada satu sel saja. Untuk multi-cell array formula tidak ada cara lain selain harus tetap menggunakan Ctrl+Shift+Enter.

Contoh Array Formula Sederhana

Contoh-Rumus-Array-Excel-Sederhana

Rumus tersebut di atas adalah array formula. Dalam pembuatannya harus diakhiri dengan menekan tombol Ctrl+Shift+Enter.

Bagi pengguna (yang belum tahu cara membuat array formula) yang menggunakan suatu file Excel warisan dari pengguna  lain dengan array formula di dalamnya mungkin akan bingung ketika melakukan edit rumus. Bingung bagaimana caranya menambahkan tanda kurung kurawal “{ }” dan bingung kenapa hasil rumusnya tidak sesuai harapan.

Trik berikut ini akan bermanfaat karena menghindari faktor CSE (Ctrl+Shift+Enter) dalam pembuatan suatu rumus Excel.

Trik atau caranya adalah dengan membawa proses kalkulasi array ke dalam fungsi INDEX berargumen row_num atau column_num bernilai Nol. Dengan argumen tersebut artinya fungsi INDEX akan memberikan hasil dari seluruh nilai item-item yang ada.

Berdasarkan contoh sebelumnya maka rumus barunya adalah sebagai berikut:

=SUM(INDEX(A1:A5*10,0))

Pada rumus excel ini fungsi INDEX tersebut melakukan perannya sehingga akhirnya fungsi SUM menerima hasil dari fungsi INDEX sudah dalam bentuk array constants sehingga kita tidak perlu lagi menekan tombol Ctrl+Shift+Enter.

Demikianlah trik singkat dari Excelku tentang Cara Membuat Rumus Array Excel Tanpa CSE (Ctrl+Shift+Enter). Semoga bermanfaat.