Contoh Laporan Keuangan Sederhana dengan Excel 2013 – Aplikasi spreadsheet (salah satunya Microsoft Excel) adalah bagaikan teman sejati bagi para Akuntan. Sungguh sulit membayangkan bagaimana para Akuntan dapat bekerja dengan baik tanpa bersinggungan dengan aplikasi spreadsheet. Dari awal dibuatnya sampai saat ini aplikasi spreadsheet semisal Microsoft Excel banyak digunakan untuk membantu dalam rangka memudahkan pembuatan laporan keuangan. Meski dengan berjalannya waktu hal ini semakin berkurang dengan semakin banyaknya software akuntansi yang dibuat secara khusus.

Dari awal dibuatnya sampai saat ini aplikasi spreadsheet semisal Microsoft Excel banyak digunakan untuk membantu dalam rangka pembuatan laporan keuangan. Meski dengan berjalannya waktu hal ini semakin berkurang dengan semakin banyaknya software akuntansi yang dibuat secara khusus.

Dengan performa yang semakin menurun seiring dengan bertambahnya ukuran file, faktor keamanan serta potensi human error menjadi alasan untuk memilih software akuntansi yang memang dibuat khusus untuk pembuatan laporan keuangan yang handal.

Namun hal tersebut bukan berarti aplikasi pembukuan berbasis Microsoft Excel (dengan segala kelebihan dan kekurangannya) tidak bisa bersaing dengan kemampuan dalam hal menghasilkan informasi yang mendalam bila dibandingkan software akuntansi yang banyak beredar di pasaran khususnya dalam segmen usaha berskala kecil dan menengah. Hanya saja butuh desain yang mumpuni dalam pembuatannya dengan memanfaatkan berbagai fitur pemrograman maupun fitur Business Intelligence yang ada pada Microsoft Excel.


Contoh Laporan Keuangan dengan Excel 2013

Akuntansi adalah bagian dari seni, cara pembukuan akuntansi sangat variatif. Sesuai dengan topik bahasan pada kali ini, Excelku akan berbagi contoh laporan keuangan yang dibuat dengan Microsoft Excel. Contoh berikut ini memberikan gambaran tentang cara pembuatan laporan keuangan sederhana dengan Excel. Laporan keuangan yang dibahas dan disajikan pada contoh berikut ini tujuannya adalah sebatas untuk mendapatkan laporan posisi keuangan (neraca) dan laporan laba rugi. Namun sebenarnya masih perlu pengolahan lebih lanjut, karena masih sebatas Trial Balance.

Dalam hal contoh berikut ini akan dikembangkan untuk digunakan di dunia nyata. Harap diperhatikan, seperti pembuatan laporan keuangan pada umum. Termasuk ke dalam tahapan awal adalah pembuatan Chart of Account.

Kerahkan waktu dan pikiran terbaik dalam pembuatan Chart of Account. Sehingga Chart of Account yang di-setting di awal ini diharapkan tidak akan berubah-ubah atau berganti-ganti di masa mendatang.

Harap dicatat bahwa Chart of Account yang terdapat pada contoh adalah hanya sebatas contoh sederhana untuk memberikan gambaran sederhana dan mudahnya. Anda akan menjumpai bahwa COA yang ada pada file contoh nanti formatnya unik. Namun itu bukan tanpa tujuan. Anda akan segera mengetahuinya setelah memahami alur atau prosesnya.

Excelku GL – Free Ver.1.0

Excelku GL bisa dikatakan adalah sebuah aplikasi pembukuan sederhana (berbasis Excel) yang dapat diaplikasikan untuk membantu pembuatan Trial Balance maupun laporan keuangan. Di dalamnya sudah terdapat contoh singkat cara penjurnalannya.

Perhatian: Excelku GL hanya dapat digunakan pada Excel 2013 maupun versi setelahnya. Dengan memanfaatkan kemampuan Pivot Table dan Data Model pada Excel 2013 pencarian informasi dapat dilakukan dengan cepat dan fleksibel.

Download contoh cara pembuatan laporan keuangan sederhana dengan Excel 2013.

Demikianlah Contoh Laporan Keuangan dengan Excel 2013 dari Excelku.com. Semoga contoh laporan keuangan sederhana dengan Excel ini dengan segala keunikannya dapat memberikan gambaran dan inspirasi bagi Anda yang sedang mencari contoh atau cara membuat laporan keuangan dengan Excel. Bila ada hal yang kurang jelas tentang cara penggunaannya jangan ragu untuk menanyakannya.