Membuat faktur pajak dalam bentuk elektronik (efaktur) dalam jumlah yang banyak bisa jadi sangat merepotkan. Namun aplikasi pajak eFaktur telah menyediakan fungsi Import untuk mengimpor data Faktur dalam format csv ke dalam database aplikasi, sehingga tidak perlu lagi merekam satu persatu secara manual.

Format csv e-Faktur yang akan diimpor harus sesuai dengan skema impor dari Direktorat Jenderal Pajak. Bila skema impor PPN yang lain bentuknya cukup sederhana layaknya standar format tabel pada umumnya namun berbeda halnya dengan skema impor eFaktur Pajak Keluaran yang memiliki keunikan tersendiri.

Keunikan tersebut ternyata tidak mudah dalam pengisiannya. Inilah yang membuat banyak orang berusaha mencari solusinya. Apakah anda adalah salah satu diantaranya? Excelku kali ini akan berbagi cara untuk memecahkan persoalan ini dengan memanfaatkan Power Query.


Baru kenal dengan Power Query? tautan web berikut ini mungkin bisa membantu:
1. Download Power Query
2. Cara mengaktifkan Power Query
3. Berkenalan dengan Power Query

Waduh kalo Excel-nya masih versi 2007 (atau sebelumnya) bagaimana? atau bahkan gak punya Excel sama sekali? untuk yang satu ini bisa menggunakan aplikasi Power BI Desktop (ada Power Query di dalamnya). Tapi Excelku tidak akan bahas dulu yang satu ini, mungkin laen waktu dan laen tulisan.

Download Skema Impor eFaktur (Pajak Keluaran)

Untuk lebih jelasnya seperti apa cara membuat Skema Impor eFaktur Pajak Keluaran dengan Power Query langsung saja unduh filenya di sini.

  Download Ver.1.4

Cara Penggunaan

Bila Power Query sudah aktif, ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  1. Lengkapi datanya.
  2. Jalankan Query (hanya dengan me-refresh tabel).
  3. Skema impor eFaktur (Pajak Keluaran) selesai dalam hitungan detik.

Demikianlah contoh cara membuat Skema Impor eFaktur (Faktur Pajak Keluaran) dengan Power Query dari Excelku.com. Sekarang anda tidak perlu repot karena pembuatan format csv e-Faktur sudah berjalan secara otomatis dengan bantuan Power Query. Cepat dan mudah bagaikan punya aplikasi pajak eFaktur namun tetap menggunakan Excel. Ada kendala dalam penggunaannya? saran atau pertanyaan langsung sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:


SUBSCRIBE NOW!
Tidak mau ketinggalan tips dan trik unik dari Excelku?
  Privasi Email terjaga.
Daftarkan email Anda sekarang juga
You have successfully subscribed to our newsletter
Tidak mau ketinggalan tips dan trik unik dari Excelku?
Privasi Email terjaga.
Daftarkan email Anda sekarang juga
You have successfully subscribed to our newsletter
Subscribe Now
This is Photoshop's version of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet. Aenean sollicitudin, lorem quis bibendum auctor, nisi elit consequat ipsum, nec sagittis sem nibh id elit. Duis sed odio sit amet nibh vulputate cursus.
        
Terimakasih...
Terimakasih...
Subscribe sekarang juga
untuk mengunduh...
e-mail
Privasi email terjaga.
SUBSCRIBE
Tidak mau ketinggalan tips dan trik unik dari Excelku? Daftarkan email Anda sekarang juga. Privasi Email terjaga.
You have successfully subscribed to our newsletter