Kali ini Excelku akan berbagi suatu Jurus Rahasia Excel yang masih sangat jarang diketahui oleh pengguna Microsoft Excel. Jurus atau trik Excel ini adalah tentang bagaimana cara cepat membuat rumus penjumlahan antar sheet, yaitu ketika diinginkan untuk menjumlahkan berbagai nilai yang ada pada suatu alamat sel atau range yang sama yang terdapat pada banyak worksheet lainnya dengan nama worksheet yang memenuhi kriteria tertentu dan seragam.


Menjumlahkan Data yang Ada Pada Worksheet Lainnya Dengan Nama Tertentu

Menjumlahkan data dari beberapa sheet Excel tidaklah sulit, namun apabila sheet yang menjadi rujukan cukup banyak bisa bikin repot juga. Anda mungkin juga sudah mengetahui cara membuat rumus 3-D Reference dan bagaimana cara menjaga rumus tersebut agar hasilnya tetap senantiasa sesuai dengan keinginan semula. Sebagai informasi bagi anda yang belum mengetahuinya, rumus tersebut dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan rumus karena tanpa harus membuka satu persatu worksheet yang dijadikan rujukan. Dan masih banyak kegunaan lainnya dengan mengetahui cara pembuatan rumus 3-D Reference.

Trik yang akan Excelku sharing kali ini masih ada hubungannya dengan rumus 3-D Reference, yaitu trik penulisan atau pembuatan rumus 3-D Reference yang lebih cepat khususnya ketika diinginkan worksheet yang dijadikan referensi atau rujukan mempunyai kriteria nama tertentu yang seragam.

Kita mulai terlebih dahulu dengan membahas rumus berikut ini:

=SUM(‘JAN2015:DES2015’!B10)

Rumus tersebut di atas bertujuan menjumlahkan nilai dari sel atau range dalam hal ini sel B10 yang terletak pada semua sheet yang berada pada urutan sheet JAN2015 sebagai ujung sebelah kiri sampai dengan sheet DES2015 sebagai ujung sebelah kanan.

Bila semua sheet tersusun dalam urutan yang bersambungan maka rumus tersebut di atas akan baik-baik saja. Namun bagaimana apabila susunan dari berbagai sheet yang akan dijadikan rujukan ternyata letaknya berpencar-pencar dan tidak terurut? Adakah cara yang lebih efisien tanpa harus memilih sheet satu persatu secara manual? Jawabannya adalah bisa, namun dengan syarat. Syaratnya: semua sheet yang akan dijadikan rujukan oleh rumus kita haruslah mempunyai nama yang unik. Keunikan inilah yang akan dijadikan sarana penyaringan dari jurus rahasia ini.

Jurus Rahasia…

Oke, untuk lebih fokus dalam memahami maksud dari trik jurus rahasia ini, bayangkanlah… pada file Excel kita mempunyai banyak sheet yang (katakanlah) tetap jumlahnya dan tidak akan bertambah maupun berkurang, begitupula nama, susunan atau urutan dari sheet yang ada pada file tersebut, tetap tidak bakal berubah. Yang diinginkan adalah menjumlahkan seluruh sel B10 dari sheet yang namanya berawalan huruf A. Maka shortcut penulisan rumusnya adalah sebagai berikut:

=SUM(‘A*’!B10)

Setelah menekan tombol Enter pada keyboard maka rumus tersebut akan secara otomatis mengisikan rujukan semua nama-nama sheet yang berawalan huruf A. Anda dapat menggunakan wildcard character “*” maupun “?”. Simbol “*” artinya apapun dan berapapun karakternya. Sedangkan “?” artinya satu karakter apapun.

Ketimbang sekedar membayangkan mending langsung mencoba mempraktekkannya agar tahu bagaimana hasil dari rumus tersebut. Sengaja Excelku tidak menyertakan file Excel agar anda mencobanya sendiri 😉

Rumus tersebut hanyalah satu contoh saja, anda dapat melakukan berbagai percobaan dengan kasus yang berbeda-beda. Pada contoh tersebut di atas juga hanya pada penggunaan rumus SUM. Rumus Excel lainnya bisa anda coba, misal AVERAGE, COUNTA, MIN, MAX, dan sebagainya (lihat daftarnya pada link berikut ini). Jangan ragu pula untuk mencoba dengan kriteria nama sheet yang lainnya (masih dengan memanfaatkan wildcard character).

Penutup

Demikianlah trik singkat tentang Cara Cepat Penulisan Rumus Penjumlahan Lintas Worksheet yang dapat admin Excelku.com bagikan, semoga trik yang simpel ini dapat memberikan inspirasi baru bagi anda. Selamat mengekplorasi kemampuan wildcard character!. Salam Excel.

Baca Juga: